TIPS TETAP SEHAT DI MUSIM PANCAROBA

Bookmark and Share
Pergantian musim atau pancaroba merupakan saat daya tahan tubuh kita diuji.. Udara siang hari yang panas dan terik, dapat berubah seketika menjadi hujan lebat nan dingin

Tidak heran jika cuaca yang tidak menentu ini akhirnya sering menimbulkan masalah pada kesehatan kita. Mulai dari menurunnya daya tahan tubuh, hingga beragam penyakit. Gangguan saluran napas, seperti batuk, bronkhitis, pilek atau influenza yang disertai bersin-bersin, dan demam, mudah pula menjangkiti. Beberapa penyakit yang tergolong lebih berat lagi, seperti diare dan tifoid, bisa juga menjadi biang masalah.

Agar selama perubahan musim ini terhindar dari seluruh gangguan itu, kita perlu melakukan pola hidup sehat. Pola ini untuk mempertahankan dan memperkuat daya tahan tubuh tetap optimal. Beberapa tips hidup sehat itu di antaranya:

Makan makanan sehat dan bergizi. Jaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi.
• Istirahat cukup guna mengembalikan stamina yang terkuras setelah bekerja dan beraktivitas. Tidur minimal enam jam sehari akan menjaga sistem metabolisme tubuh kita berjalan tanpa gangguan.
• Kurangi minum minuman dingin dan perbanyak minum air putih (suhu normal) minimal 8 gelas sehari. Minuman dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kita saat itu juga.
• Jaga kebersihan badan agar tak tertular penyakit dari lingkungan. Misalnya dengan mencuci tangan sebelum makan dan mencuci muka sehabis berpergian di luar.
• Jaga kebersihan lingkungan. Misalnya, dengan membersihkan rumah dan perabotan secara rutin, serta membuang sampah pada tempatnya.
• Lakukan olah raga ringan secara teratur untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh. Usahakan berolahraga secara rutin minimal tiga kali seminggu selama 30 menit. Pilih olahraga yang bersifat aerobik, seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki berkeliling kompleks.

Bila saat pancaroba sering mengalami demam dan gangguan saluran pernapasan atas, selain istirahat cukup dan memperbanyak air putih, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meringankan dan mempercepat kesembuhan yaitu:
• Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan, seperti sup atau bubur cair yang dibuat dengan kaldu ayam, guna memulihkan tenaga dan melegakan sumbatan pada hidung kita.
• Lebih baik lagi jika kita bisa menambahkan bawang putih yang memiliki antimikroba dan sedikit cabai ke sup panas tersebut. Hal ini untuk meredakan sumbatan di hidung.
• Minum secangkir teh hangat yang dibubuhi jahe beberapa jam sekali untuk menyegarkan tubuh dan menurunkan demam.
• Teteskan minyak mentol pada air panas, lalu hirup uapnya untuk melegakan pernapasan dan dada.
• Mandi air panas untuk melegakan pernapasan kita. Setelah itu kenakan baju yang agak terbuka dan tidak ketat di tubuh.
• Makanan yang kaya mineral penting, seperti daging dan pisang

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger