Cara memilih keyword atau kata kunci memang sudah banyak kita temui di berbagi artikel web atau blog. Dalam dunia blogging kita harus memahami tentang betapa pentingnya untuk memasukkan kata kunci atau keyword di posting agar posisi posting berada di posisi yang bagus di halaman hasil pencarian sehingga kita akan memperoleh kunjungan. Tapi bagaimana cara menentukan keyword atau kunci dengan baik ?
Selain backlink, analisis kata kunci atau keyword adalah hal penting untuk membantu kita mengidentifikasi kata-kata kunci atau frase yang paling cocok untuk mempromosikan website atau blog kita di mesin pencari atau search engine. Untuk posting kali ini, saya belum membicarakan tentang keyword mahal yang sering dibidik oleh para pebisnis adsense. Biasanya banyak alat yang disediakan oleh beberapa situs untuk menganalisis kata kunci atau keyword yang banyak dicari oleh pengunjung. Selain itu juga disertai beberapa hal sebagai berikut:
- Tingkat kompetisi untuk kata kunci
- Daftar kombinasi kata kunci
- Perbandingan volume pencarian untuk beberapa kata kunci
Jika kawan – kawan blogger ingin tahu bagaimana cara memilih keyword yang baik, kita dapat mengunakan alat-alat berikut untuk analisis kata kunci:
Google Insight / Wawasan : memberikan informasi tentang volume pencarian dari satu atau beberapa kata kunci dalam waktu dan lokasi.
Alat analisis keyword ini sangat berguna untuk membandingkan kata yang berbeda atau frase. Google Insigt atau google wawasan memberikan kombinasi kata kunci yang terkait dengan pencarian.Selain itu juga memberikan berita yang terkait dengan kata kunci / keyword.
Google Adwords: selain memberi kita informasi tentang volume pencarian satu atau lebih frase keyword, alat ini menyediakan tingkat persaingan pengiklan, data yang sangat menarik, apalagi kita juga seorang blogger yang punya bisnis google adsense.
WordTracker: alat analisis kata kunci lain yang memberikan informasi tentang volume pencarian kata kunci dan menyarankan kombinasi lain dari keyword yang terkait dengan yang diperkenalkan. Alat ini dapat digunakan untuk membandingkan data dengan yang diperoleh sebelumnya. Tapi alat yang ini, cocok untuk menentukan keyword berbahasa Inggris
Google Trends: dengan alat ini, kita akan mengetahui keyword yang sedang trend atau banyak dicari dalam jangka waktu tertentu. Misalnya di posting kemarin saya sengaja membuat posting dengan tema gerhana bulan, berdasarkan google trend, keyword ini memang lagi populer. Dan akhirnya saya pun mendapatkan kunjungan 5000 lebih menuju posting tersebut.
Selain cara di atas, saya sendiri yang sedang belajar seo , sering melakukan research keyword dengan mudah menggunakan cara manual seperti pada gambar di bawah ini :
Jika kamu mengetikan kata "cara", maka akan muncul beberapa kalimat yang diberikan oleh google. Jadi jika kamu ingin memilih judul , maka alangkah lebih baiknya judul posting tersebut mengandung kata kunci atau keyword tersebut. Saya menganggap kalimat yang diberikan google tersebut adalah keyword yang banyak dicari oleh pengguna. Selain cara di atas, masih banyak lagi cara memilih kata kunci yang lebih baik dan mudah. Jika kawan - kawan ada tips yang lebih bagus, mari saling berbagi. Salam Blogger..
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar