Belajar Mempromosikan Blog

Bookmark and Share
Setelah membuat blog apa hal yang penting dilakukan setelah itu? Hal yang sangat penting ialah mempromosikan blog kita kepada dunia ramai, apa gunanya jika blog kita tidak dikunjungi atau tidak dikenal orang lain bukan? Tentu saja usaha kita akan sia-sia. Ya kan ?? Mari sekarang kita belajar mempromosikan blog kepada dunia ramai dengan mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

(1) Daftarkan blog anda di blog directory. Daftarkan blog Anda ke berbagai direktori blog (blog directory). Sedikitnya, daftarkan di tiga blog directory terbesar dan terpopuler, yaitu (a) http://technorati.com (b) http://feeburner.com (c) http://blogdigger.com (d) http://dmoz.com . Ikuti seluruh petunjuk pada ketiga blog directory tsb ketika mendaftar.Blog-blog directory ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine, termasuk tiga search engine besar yaitu http://google.com, http://msn.com, http://yahoo.com.

(2) Link-trade, Link Exchange atau Tukar Link Ajak teman anda yg memiliki blog untuk saling tukar link. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tersebut. di blog anda. Dalam dunia blog, ini disebut juga dengan istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yg biasa. Blogroll atau link-exchange tidak harus melalui permintaan, bisa juga dengan saling suka rela. Umpamanya, ada seseorang blogger (pemilik blog) yg memasang link Anda di blog dia, apabila Anda tahu, maka Anda juga "berkewajiban" menambah link blog dia di blog anda. Apabila tidak, maka akan dicap sebagai "blogger pelit". Di dunia maya pun, sebagaimana di dunia nyata, orang pelit akan selalu teralienasi. Dg kata lain, sedikit "tamu"nya.

Nah, sekarang bagaimana cara mengetahui ada yg mengelink blog Anda? Caranya sangatlah mudah: tulis di kotak http://technorati.com/search alamat blog Anda atau blog siapa saja yg ingin anda ketahui. Contoh blog ini, http://choirunnajib.blogspot.com, setelah itu tekan search, anda akan tahu siapa saja yg ngelink ke blog tersebut.

(3) Berkunjung ke blog lain.Untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkan berkunjung ke blog-blog lain, dan berkomentar di bukutamu atau tagboard mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan "bertamu balik" ke "rumah" atau blog Anda.

(4) Alamat blog di signature email. Tulis alamat blog Anda di signature email. Sehingga setiap anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan "menggoda" orang untuk berkunjung. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis untuk datang ke blog anda.

(5) Alamat blog disignature sms. Setting pengaturan sms dihandphome anda dengan mencantumkan tulisan alamat blog anda. Maka secara otomatis alamat blog anda akan tampil disetiap teks sms yang akan anda kirim. Cara tersebut merupakan cara yang efesien bagi saya dalam mempromosikan blog saya sendiri kepada teman-teman saya.

Sekian cara/tips dari saya. Jangan lupa setelah mendownload artikel ini, silahkan isikan komentar anda dibuku tamuku atau ditagboard. Saya janji, pasti saya akan berkunjung balik ke blog anda. Dan jangan lupa lagi link alamat blog ini ke blog anda, saya juga janji saya akan ngelink blog anda diblog saya.

Wassalam...Salam ngeblog..

.......................................

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger