Arti Internet

Bookmark and Share

Internet adalah jaringan komputer raksasa yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Pemanfaatan internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan informasi dan komunikasi masyarakat dunia, diantaranya :

1. Berkirim pesan ke seluruh dunia via Email (Electronic Mail).

2. Mengakses berita dan ilmu pengetahuan terbaru (Browsing).

3. Ngobrol via intenet (chatting).

4. Telepon dan video conferencing via Internet.

5. Download, mengunduh File-file dari internet.

Teknologi Internet lahir sekitar pada tahun 1970 yakni diawali saat departemen pertahanan Amerika Serikat membuat proyek yang dikenal dengan ARPA (Advance Research Project Agency). Tujuannya adalah membentuk suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan para ilmuwan dan professor di berbagai universitas untuk bertukar informasi secara bebas. Lambat laun kemudian teknologi internet mulai diterapkan untuk publik dan akhirnya berkembang sangat pesat. Sampai sekarang kurang lebih sekitar bermilyar milyar orang di seluruh dunia telah terhubung dengan internet.



Selain itu anda juga bisa mengakses internet baik di Warung Internet (Warnet) maupun melalui komputer pribadi yang ada di rumah. Syarat – syarat agar suatu komputer bisa terhubung ke internet antara lain :

1. Modem, Di komputer harus dipasang modem yang berfungsi mentrasfer data dari internet via jaringan telepon. Kecepatan transfer modem biasanya dinyatakan dengan satuan bytes per second (bps).

2. Adanya jaringan telepon yang menghubunkan komputer kita ke internet.

3. Registrasi ke provider, Provider dapat diartikan sebagai penyedia jasa akses intenet. Provider ini juga dikenal dengan istilah ISP (Intenet Service Provider). Kita dapat berlangganan akses intenet melalui provider dengan membayar iuran bulanan. Contoh provider yang beroprasi di indonesia antara lain TelkomNet, Centrin, RadNet, IndosatNet CBN dll.

......................................

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger