Pengenalan Komputer

Bookmark and Share
Pengenalan KomputerPengenalan Komputer Memperkenalkan Komputer untuk komponen-komponen dasar dengan perjalanan ataupun sejarah komputer, yang memiliki proses perjalanan cukup panjang, di setiap perjalanan dan sejarahnya komputer mampu berkembang dengan sangat cepat. Disetiap perubahan yang dilakukan dari generasi kegenerasi komputer hadir dengan pengembangan yang semakin canggih.

Bentuk nyata yang dapat kita rasakan pada saat ini, dengan komputer kita dapat melakukan segala bentuk aktifitas yang menguntungkan, contoh sederhana yang sangat banyak orang lakukan adalah berkomunikasi dengan jarak jauh.

KOMPONEN DASAR KOMPUTER
1. Memori
2. Central Proses Unit (CPU)
3. Input/ Output

PROSES PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
  • Memori Komputer menerima informasi yang di kodekan melalui unit-unit masukan seperti keyboard, mouse, joysticks dan lain-lain. Fungsi Memori adalah menyimpan program-program dan data-data yang digunakan pada unit pemroses. Data yang telah di olah oleh unit pemroses akan di tampilkan melalui unit output yang dapat berupa monitor, printer, speaker, dan lain-lain. Seluruh kegiatan ini di koordinasikan oleh unit kendali (Control Unit)
  • Input Komponen komputer yang mengubah sandi-sandi manusia menjadi sandi komputer (data) 

  • Central Proses Unit (CPU)
    Control Unit Arithmetic And Logic Unit (ALU) Memory Unit


    Control Unit Bagian pengatur semua lalulintas dan perhitungan yang dilakukan komputer. Arithmetic And Logic Unit (ALU) Tugas utama Arithmetic And Logic Unit (ALU) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
    Memory Unit Semua perintah yang sering digunakan oleh prosessor akan disimpan sementara pada bagian ini.
    • Output Peralatan Output berfungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan peralatan pemroses. Hasil dari pengolahan tersebut bisa berbentuk gambar, teks, maupun suara. Berdasarkan jenis output tersebut maka ada beberapa Peralatan Output yang ada sampai saat ini yaiut, monitor, printer, dan speaker.

      MEMORY
      Secara Memory yang terdapat dalam sebuah komputer dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu memory yang bersifat internal terhadap sistem yang dapat diakses secara langsung oleh prosessor dan memory yang bersifat eksternal yang dapat di akses oleh prosessor melalui modul I/O.
      MEMORI INTERNAL1. ROM (Read Only Memory)2. Chace Memory3. RAM (Random Assecc Memory)
      • ROM Memori ini hanya dapat dibaca saja, Programmer tidak bisa mengisi sesuatu kedalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Misal sistem waktu dan konfigurasi komputer

      • Chace Memory Chace Memory terletak diantara CPU dengan main memory. Chace memory harus lebih cepat dari main memory dan mempunyai ukuran yang cukup besar, tetapi tidak sebesar main memory. Sebenar-Nya Chace Memory tidak diperlukan bila mana main memory di buat secepat chace memory, tetapi cara demikian tidaklah ekonomis.

      • RAM Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memry, khusus-Nya di RAM (Random Assecc Memory). RAM merupakan memory yang dapat diasses yaiut dapat diisi dan dapat di ambil isinya oleh programmer.


      MEMORI EKSTERNAL
      Memori Eksternal adalah memori yang bersifat nonvolatile dimana data yang disimpan didalamnya tidak akan hilang ketika sistem mati. Dikenal juga dengan nama secondary memory yang berfungsi sebagai media storage dari program dan data untuk jangka waktu yang panjang, contohnya magnetic flopy disk, hard disk, dan CD-ROM.

      { 0 komentar... Views All / Send Comment! }

      Posting Komentar

      Powered By Blogger