Ditemukan Jajanan Anak Berbahan Bahaya

Bookmark and Share
VIVAnews -- Badan Pengawasan Obat dan Makanan NTB berhasil merazia seluruh pedagang makanan di 14 Sekolah Dasar di Mataram. Razia juga dilakukan disejumlah kantin sekolah. Sebelumnya, ditemukan jajanan mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin, Boraks dan Formalin.


Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Mataram Dra Utami Ekaningtiyas mengatakan dalam tiga tahun terakhir sebanyak 32 % produk jajanan anak sekolah yang diperjual belikan mengandung mikroba yang melebihi batas. Bahkan 10 % juga mengandung Boraks, Rhodamin dan Formalin.

Dari hasil pengujian Badan POM Mataram menunjukkan banyak produk jajanan sekolah seperti mie basah, es campur, bakso cilok mengandung bahan berbahaya.

Di Sekolah Dasar Negeri 2 Mataram,Badan POM menemukan mie basah positif mengandung formalin. Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat kayu lapis dan disinfektan untuk peralatan rumah sakit dan pengawet mayat.

"Formalin sangat berbahaya jika terhirup,mengenai kulit dan tertelan. Akibat yang ditimbulkan berupa luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran dan menyebabkan kanker,"kata Utami kepada wartawan di Mataram Senin 4 Januari 2010.

Lebih lanjut dia mengatakan monitoring terhadap jajan anak sekolah dengan sampling dan uji laboratorium terhadap bahan yang beresiko terhadap kesehatan. Bahkan pada awal tahun 2009 Balai Besar POM di Mataram mengoperasikan satu unit mobil laboratorium keliling. Mobil tersebut dilengkapi alat uji cepat untuk diteksi bahan berbahaya.

Selama dua tahun terakhir Badan POM NTB menyita produk berbahaya dan produk ilegal, pangan ilegal senilai Rp400 juta. Mengatasi masalah itu Badan POM NTB sudah berkordinasi dengan sejumlah instansi baik Pemerintah Daerah dan Kepolisian.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

• VIVAnew

Untuk antisipasi beberapa ulah nakal pengusaha dengan menggunakan bahan berbahaya pada makanan, "EASY TEST" melounching beberapa produk test kit untuk analisis bahan berbahaya pada makanan. BEBERAPA PRODUK yang sudah kami launching dan sudah kami pasarkan meliputi beberapa produk test kit seperti di bawah ini,

BACA INFO PRODUK LAIN SECARA LENGKAP DI "EASY TEST" atau di "JC for ONLINE"

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, easy test, info kita, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger