Mengahapus Banyak File dengan Hanya Double Klik

Bookmark and Share
Najibblog,Menghapus File/Folder di komputer memang suatu pekerjaan yang sangat mudah, kita cukup mengklik file/folder yang diinginkan kemudian tekan tombol "Delete", maka file tersebut akan berpindah ke "Recyclebin", atau bisa juga dengan menekan tombol "Shift + Delete" kemudian tekan “Enter” maka file tersebut akan terhapus permanen. Akan teapi bagaimana jika file yang ingin kita delete adalah file yang letaknya berada di dalam berbagai folder, yang jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan? Seperti file "sampah" yang sering ditemukan di windows (*.tmp, *.db, etc), atau file *.scr yang biasanya identik dengan "penyamaran" virus. Apakah kita akan membuang waktu kita hanya untuk memeriksa setiap foldernya untuk mencari file tersebut?

Disini kita akan membahas bagaimana caranya menghapus file-file yang letaknya berada di setiap folder yang berbeda hanya dengan double klik file .bat. Kita akan menggunakan file bat sebagai pengeksekusinya, yaitu sebagai pemicu aksi dari command yang kita tulis di dalam file tersebut.

Misalkan kita akan menghapus file "Thumbs.db" yang sering muncul di dalam folder yang operating systemnya adalah Windows. File ini biasanya akan muncul jika kita melihat file image yang berada di dalam folder tersebut dengan mode "Thumbnails", dan file ini bersifat "Hidden". Bagaimana cara kita untuk menghapusnya hanya dengan satu click saja? tanpa harus memeriksa setiap foldernya. Buka notepad anda dan tuliskan source command berikut ini :

@echo off
cls
del /f /s /q d:\Thumbs.db

Kemudian "Save as" dengan nama file yang berekstension *.bat agar bisa di eksekusi. Contoh "thumbdelete.bat".

File ini telah bisa dieksekusi, hanya dengan double klik maka semua file Thumbs.db yang berada di drive d: maupun subdirectory-nya akan dihapus secara permanen.

Bagaimana jika kita ingin menghapus dengan dua jenis file atau lebih? Misalkan file yang ingin kita hapus adalah setup.exe dan autorun.inf


Buka notepad anda dan copy-paste command berikut :

@echo off
cls
del /f /s /q d:\setup.exe d:\autorun.inf

Kemudian simpan dengan nama yang berekstensi *.bat, double klik pada file yang baru kita bikin tersebut, maka setiap file yang bernama setup.exe dan autorun.inf yang berada di dalam drive d: berikut subdirectory-nya akan dihapus permanen.

Bagaimana jika kita ingin menghapus file hanya dengan mengenali ekstensionnya saja? misalkan file *.db, file *.scr, file *.tmp. Copas script berikut ini di notepad anda :

@echo off
cls
del /f /s /q d:\*.db d:\*.scr d:\*.tmp

Simpan dan eksekusi dengan cara yang sama seperti cara diatas. Untuk selanjutnya silahkan anda mengembangkannya sendiri.



Bagaimana jika command-nya adalah :

@echo off
cls
del /f /s /q d:\*.*

Kemudian simpan dengan nama file "coba.bat" untuk selanjutnya double click pada file tersebut. Apa yang terjadi? Tolong perlihatkan hasilnya :D

File tersebut akan menghapus semua jenis file kamu yang berada di drive d: berikut sub directory-nya, namun foldernya tetap utuh. Tapi trik yang ini jangan anda lakukan, karena pasti nantinya anda akan menyesal, karena file-file didrive :d anda akan terhapus secara permanen.

Silahkan mengisi komentar dikotak komentar, komentar anda sangat berguna bagi kemajuan blog ini..

.........................................

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger